RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA/SMK
Kelas,
Semester : X / 2
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Jumlah
Pertemuan : 2 x Pertemuan
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi
1.
Mengindari
perilaku tercela
Kompetensi Dasar
1.
Menjelaskan
pengertian hasad, riya,aniaya dan diskriminasi.
2. Menyebutkan
contoh perilaku hasad, riya,aniaya, diskriminasi
3.
Mengidentifikasi
akibat hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi
4.
Menghindari
hasad,riya,aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian hasad,riya,aniaya dan diskriminasi.
2.
Menjelaskan
contoh perilaku hasad, riya,aniaya, diskriminasi.
3.
Mengidentifikasi
akibat hasad, riya,aniaya, diskriminasi.
4.
Menghindari
hasad, riya,aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan
Pembelajaran
Melalui diskusi dan tanya jawab,
setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian hasad,riya,aniaya dan diskriminasi.
2.
Menjelaskan
contoh perilaku hasad, riya,aniaya, diskriminasi.
3.
Mengidentifikasi
akibat hasad, riya,aniaya, diskriminasi.
4.
Menghindari
hasad, riya,aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
Materi
Pembelajaran
1.
Prilaku
Tercela (Hasud, Riya, Aniaya dan Diskriminasi)
A.
Hasud
Membenci
nikmat yang di berikan allah kepada orang lain dan menginginkan hilangnya
nikmat itu, sekalipun dengan cara member kuasa kepada orang lain untuk
menghilangkan nikmay itu karena sulitnya. Seseorang yang memiliki jiwa hasud
tidak akan merasa senang sebelum dapat membalas dan menghancurkan orang yang d
hasudnya, bahkan dia dapat menghilangkan nikmat yang menjadi penyebab hasud. Oleh
karena itu hasud akan menimbulkan perbuatan yang merusak masyarakat akan
menimbulkan perpecahan
B.
Riya
Perbuatan
pura-pura. Orang yang melakukan riya tidak bertujuan mendapat ganjaran dari
allah. Ia berbuat sekedar untuk mendapat pujian dari orang lain. Apa yag
didapat dari perbuatannya itu lebih rendah dari semesatinya dia dapatkan dari
allah.
Riya
timbul karena kurang kesadaran akan ganjaran dan pahala yang dijanjikan allah. Ia
berusaha menutupi keburukan atau kesalahan yang dilakukannya, seperti;
a. untuk
menghilangkan dirinya dari tuduhan tidak beragama atau tidak beribadah.
b. Untuk
menarik perhatian, penghormatan dan pujian masyarakat.
C.
Aniaya
Melakukan
perbuatan yang perbuatan itu melewati batas
terhadap jiwa, harta atau kehormatan orang lain. Barnag siapa yang membunuh seseorang, memukul, mencaci,
melaknat atau menyakitinya dengan sesuatu apapun termasuk perbuatan dzalim. Seseorang
yang menguasakan perbuatan dzalimnya kepada orang lain atau membantu orang lain
berbuat dzalim termasuk orang yang dzalim pula.
D.
Diskriminasi
Bersikap
membeda-bedakan atau memisahkan antara sesama manusia, baik karena perbedaan
derajat, suku, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, usia, golongan, ideology dan
sebagainya.
Diskriminasi
memunculkan sikap apatis yang menumbuhkan kehancuran tatanan masyarakat, bias dibayangkan
kehancuran yang akan timbul jika ada segolongan orang yang tidak mau
membebaskan diri dari sikap apatis dan kesukuan.
Metode
Pembelajaran
1.
Diskusi,
ceramah dan Tanya jawab
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
2.
Do’a
bersama
3.
Informasi
tujuan pembelajaran dan motivasi
4.
Membaca
surat-surat pendek
5.
Pembentukan
kelompok sebanyak 4 kelompok
6.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Siswa membaca referensi dan
mendiskusikan:
1.
Pengertian
2.
Dasar
hukum
3.
Akibat
yang ditimbulkan
4.
Cara
menghindari prilaku
(Kelompok 1: Hasad, kelompok 2:
Riya, Kelompok 3: Aniaya, Kelompok 4: Diskriminasi)
Elaborasi
1.
Perwakilan
siswa mempresentasikan hasil diskusi di kelompoknya, kelompok yang lain
menanggapi.
Konfirmasi
1.
Siswa
bertanyajawab dengan guru tentang pengertian, dan dasar hukum dari hasud, riya,
aniaya dan diskriminasi.
Penutup
1.
Mencatat
kesimpulan pembelajaran
2.
Penugasan
terstruktur untuk menulis dasar hukum Hasad, Riya, Aniaya, dan diskriminasi
3.
Melakukan
do’a bersama
Media
Pembelajaran
Syamsuri, Pendidikan Agama
Islam SMA Kelas X, , Erlangga, Jakarta
LCD
Penilaian
No
|
Penilaian
|
Yang
diukur
|
Yang
dinilai
|
Penilaian
|
Nilai
|
Jenis
|
1
|
Kognitif
|
1, 2, 3
|
Pengetahuan,
pemahaman
|
Tes tulis
|
60
|
Perorangan
|
2
|
Afektif
|
4
|
Perubahan
sikap
|
Penilaian
proses
|
40
|
perorangan
|
3
|
Psikomotor
|
|
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
|
100
|
|
Penilaian Kognitif.
1.
Jelaskan
pengertian hasud, riya, aniaya, dan diskriminasi!
2.
Sebutkan
1 contoh prilaku hasud, riya, aniaya, dan diskriminasi!
3.
Jelaskan
akibat yang ditimbulkan oleh sikap hasud, riya, aniaya, dan diskriminasi!
Lembar Penilaian Afektif
Bubuhkan tanda ceklis secara
jujur!
No
|
Prilaku
|
SS
|
S
|
TS
|
1
|
Seorang teman
mencemooh temannya yang membeli HP baru
|
|
|
|
2
|
Udin
melaksanakan sholat karena ingin mendapat nilai baik dari guru PAI
|
|
|
|
3
|
Seorang siswa
merusak perlengkapan kelas
|
|
|
|
4
|
Rudi selalu
memilih-milih teman bergaul, ia hanya mau berteman dengan orang yang kaya
|
|
|
|
Mengetahui, Depok,
Mei 2012
Kepala Sekolah Guru PAI
………………………… Mochamad
Syaifulloh, S.Pd.I
NIP ……………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar